Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2)

PPKH Kecamatan Lakbok - Family Defelopment Sesion (FDS) atau Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2) merupakan Proses belajar secara terstruktur untuk memperkuat terjadi perubahan perilaku pada KPM. P2K2 bertujuan meningkatkan pengetahuan, pemahaman mengenai pentingnnya pendidikan, kesehatan dan pengelolaan keuangan bagi keluarga.

Pendamping PKH berkewajiban mengadakan pertemuan kelompok bulanan dengan peserta PKH dampingannya.Pertemuan kelompok digunakan sebagai sarana Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2) atau FDS PKH.

Adapun mekanismenya adalah Peserta P2K2 adalah seluruh Peserta PKH yang telah ditetapkan sesuai dengan ketentuan yang diatur oleh Direktorat Jaminan Sosial Keluarga. Untuk mengoptimalkan proses pembelajaran, jumlah peserta yang menghadiri P2K2 tidak lebih dari 40 orangdalam satu pertemuan. Dengan peralatan yang diperlukan dalam pelaksanaan P2K2 adalah Modul bagi Pendamping,  Buku Pintar, Brosur, Poster, Flipchart, Film, Alat permainan (kartu, papan permainan). Peralatan Audio Visual pendukung  berupa laptop, speaker, TV, DVD Player (jika ada) dan alat tulis. Kemudian Pertemuan P2K2 diselenggarakan 1(Satu) kali dalam sebulan, Satu sesi disampaikan dalam 1 (Satu) kali pertemuan. Penyampaian sesi P2K2 berlangsung sesuai panduan dalam modul (120 menit). Waktu penyelenggaraan P2K2 dapat ditentukan sesuai kesepakatan antara peserta PKH dan Pendamping.

Tujuan dari dibuatnya laporan FDS/P2K2 adalah untuk menjamin berjalanya kegiatan FDS/P2K2 yang dilaksanakan oleh pendamping PKH bersama KPM PKH dan guna pemenuhan kewajibannya sebagai pekerja sosial

Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2) atau Familiy Development Sesion (FDS) jika dilaksanakan rutin oleh pendamping PKH sangat bermanfaat bagi peserta. Peserta diajarkan dan dibekali oleh pendamping tentang pentingnya pendidikan dan kesehatan, pengelolaan keuangan keluarga, cara mengasuh anak dan lain sebagainya.

Jika bantuan yang diterima oleh peserta mengintervensi pengeluaran peserta, verifikasi menyiapkan Sumber Daya manusia ART peserta PKH. Maka Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2)/ Familiy Development Sesion (FDS) diharapkan dapat merubah perilaku dan pola pikir peserta itu sendiri. Perubahan pola pikir peserta diharapkan dapat mengangkat peserta dari kemisikinan. Dengan Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2)/ Familiy Development Sesion (FDS) peserta tidak saja diberi ilmu oleh pendamping tapi juga motivasi.

Dengan kegiatan FDS/P2K2 ini khususnya di kecamatan lakbok diharapkan dapat membantu meningkatkan kemampuan atau kapasitas keluarga KPM PKH.

Dengan kegiatan FDS/P2K2 dapat meningkatkan kinerja dan pengetahuan para pendamping dengan selalu membuat inovasi-inovasi yang terbaru dan terbaik


Post a Comment

0 Comments