Diklat Pendamping PKH dan P2K2/FDS PKH di Kecamatan Lakbok Kabupaten Ciamis

PPKH Kecamatan Lakbok - Kegiatan Diklat Entry Pendamping PKH dan diklat P2K2/FDS PKH di Kecamatan Lakbok Kabupaten Ciamis telah berjalan sejak tanggal 7 Januari 2019. Adapun proses Pembelajarannya yang dilakukan secara daring atau dalam jaringan. Tujuan dari pembelajaran ini adalah para pendamping PKH memiliki pengetahuan tentang Program Keluarga Harapan yang di dasari dengan integritas yang tinggi serta diharapkan pendamping PKH Kecamatan Lakbok khususnya mampu melakukan pendampingan terhadap Keluarga Penerima Manfaat dengan baik.


Diklat Pendamping PKH atau dikenal dengan nama Diklat Entry PKH. Diklat ini bertujuan untuk membekali atau meningkatkan keterampilan para Pendamping PKH dalam memfasilitasi dan memastikan bahwa para Penerima Manfaat menjalankan kewajibannya terkait dengan proses PKH. Sedangkan diklat Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga disingkat P2K2 atau dikenal dengan nama lain Family Development Session disingkat FDS merupakan Diklat Teknis yang ditujukan bagi Pendamping PKH dalam rangka meningkatkan kemampuan para pendamping PKH dalam memfasilitasi dan mengubah perilaku para Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dalam memanfaatkan bantuan PKH yang diberikan oleh Kementerian Sosial RI. Penyusunan Modul Diklat P2K2/FDS ini dimulai sejak 2012 kerjasama Bank Dunia dan Word Bank.

 Materi pengantar Diklat entry pendamping PKH meliputi :
1. Dasar Hukum
2. Pengetahuan PKH
3. Penyaluran Bantuan PKH
4. Pendampingan dan Family Development Session 
5. Sinergi Program Komplementer 
6. Hasil Evaluasi Dampak PKH 

Di dalam Diklat tersebut juga terdapat soal soal latihan dan lembar kerja untuk latihan para pendamping PKH, untuk mengevaluasi sejauh mana pemahaman pendamping tentang PKH dan P2K2 yang telah di pelajari secara daring.

Secara sistem sempat ada sedikit masalah, namun Pendamping PKH Kecamatan Lakbok terus mengikuti dan melaksanakan kegiatan diklat tersebut. Sebagai Pekerja Sosial Pendamping berharap dengan diklat ini mampu menambah pengetahuan dan bisa mempraktekannya dilapangan.



Post a Comment

3 Comments