Sasaran dan Arah Kebijakan Ditjen Pemberdayaan Sosial Tahun 2020

PPKH Kecamatan Lakbok - Bertempat di The Trans Luxury Hotel-Bandung, Badan Pendidikan dan Pelatihan Penyuluhan Sosial (Badiklitpensos), menyelenggarakan Rapat  Koordinasi Pengembangan (Rakorbang) SDM, Lembaga, dan Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial Tahun 2019, dengan tema “Sinkronisasi Program Pengembangan SDM, Lembaga dan Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial Tahun 2020”. Rakorbang dihadiri oleh 811 peserta yang berasal dari Satuan Kerja (Satker) Pusat dan Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD).

Direktur Jenderal Pemberdayaan Sosial, Pepen Nazaruddin, sebagai salah satu narasumber dalam kegiatan tersebut memaparkan Strategi dan Kebijakan Direktorat Jenderal Pemberdayaan Sosial Tahun 2020 . Hal ini bertujuan untuk mewujudkan sinkronisasi program serta komitmen Kebijakan Program Pengembangan SDM lembaga dan penyelenggaraan kesejahteraan sosial tahun 2019 antara pusat dan daerah.


Berdasarkan Peraturan Perundang-undangan Nomor 39 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial, pemerdayaan sosial menyasar Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) pada keluarga, kelompok, individu dan masyarakat.Terdapat pula sasaran strategis Direktorat Jenderal Pemberdayaan Sosial yakni meningkatkan penyelenggaraan kesejahteraan sosial yang partisipatif dan kemandirian warga KAT dalam pemenuhan kebutuhan dasar. Serta memiliki arah kebijakan untuk  meningkatkan peran dan kapasitas potensi dan sumber kesejahteraan sosial, akses pemenuhan kebutuhan dasar warga KAT, kualitas pengelolaan sumber dana bansos, serta penguatan nilai kepahlawanan, keperintisan, kesetiakawanan dan restorasi sosial.

"Direktorat Jenderal Pemberdayaan Sosial memiliki Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu (SLRT), Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos), Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) dan Pemberdayaan Komunias Adat Terpencil, dalam mewujudkan sasaran dan arah kebijakan Direktorat Jenderal Pemerdayaan Sosial”, ujar Pepen Nazarudin.

Direktorat Jenderal Pemberdayaan Sosial juga memiliki 5 (lima) Prioritas Nasional Tahun 2019 diantaranya : 1.Pembangunan manusia melalui pengurangan kemiskinan dan peningkatan dasar; 2.Pengurangan kesenjangan antar wilayah melalui penguatan konektivitas dan kemaritiman; 3.Peningkatan nilai tambah ekonomi melalui pertanian, industri dan jasa produktif; 4.Pemantapan ketahanan energi, pangan dan sumber daya air; dan  5.Stabilitas keamanan nasional dan kesuksesan pemilu.(OHH/Dayasos

Sumber
kemsos.go.id

Post a Comment

0 Comments